1.12.09

Paranormal Activity


            Paranormal Activity mengisahkan tentang pasangan muda bernama Micah Sloat dan Katie Featherston tengah tinggal bersama di sebuah rumah di San Diego, California. Pasangan ini hampir setiap malam mendapatkan gangguan berupa bunyi-bunyian, lampu berkedap-kedip dan keran yang mendadak mati dan menyala. Dalam usaha mereka menuntaskan masalahnya Micah mengusulkan untuk membeli video kamera dan mikrofon untuk merekam kejadian disaat mereka tidur. Tapi disinilah cerita dimulai, karena gangguan tersebut  justru makin parah. Apakah yang akan terjadi selanjutnya ?
            Film ini disutradarai, ditulis dan diedit oleh Oren Peli. Dengan durasi 1 Jam 37 Menit, horror disuguhkan dengan cara baru yaitu Point Of View (POV). Metode ini bisa dibilang sedang tren, seperti Blair Witch Project, Cloverfield, Rec, Quarantine dll. Metode POV ini memiliki kelebihan, karena selain murah dan mudah, POV memberikan kesan pada penonton bahwa mereka sedang berada dalam cerita bersama para pemain. Tapi yang cukup tricky adalah penonton harus merasa terbawa dalam cerita, karena bila tidak maka mereka akan bosan dan menganggap film tsb tidak menarik.
            Seluruh detail pada film ini berusaha menunjukkan bahwa film ini merupakan kisah nyata, hal ini dapat dilihat dari set rumah yang sangat umum untuk rumah amerika kebanyakan, para aktor dan artis yang memakai nama asli mereka dalam film, kata-kata pada pembukaan film dan ending yang tanpa musik dan daftar cast. Dengan berbagai usaha ini film ini malah terkesan murah, dan anehnya film ini meraih top no.1 box office di amerika dalam waktu 4 minggu, dimana film lain biasanya mencapai dalam 1 minggu. Hal ini menunjukkan popularitas film ini terjadi karena saran dari penonton yang telah menonton film ini pada kerabat dan teman-teman mereka.
Me : Keren,,POV horor terakhir tu blair witch rec/qurantine kan zombie,,nah ini gw blang lebih top dr BWP,,dan walau pun terkesan murah, tp tiap detail di set bwt kta percaya bahwa itu kisah nyata dan kita merasa masuk didlm cerita. Bbrp yg mo gw highlight (WARNING!!SPOILER!!) : 
-cm ad 1 musik yg dimaenin di film ini,,itu jg bkn bwt adegan serem,,artinya semua kesereman dicerita ini dibuat dengan efek suara dan permainan psikologis kta.
-murah cm pk 1 kamera yg biasa bwt suting film dan dengan 5 cast yg pk nama asli mereka, yg jd sutradara sekaligus penulis cerita dan tukang edit.
-POV lg trend dan gw suka bgt metode ini!
-cara film ini sampai ni top box office dlm 4 minggu,,biasany kl film ga msk top box office pd minggu kedua,,artinya udah abis harapannya..Ato blm tentu jg yg dr minggu pertama jd box office bs bertahan ampe minggu ke 4. Hal ini menunjukkan bahwa film ini memang disebarkan oleh orang yg udah ntn k tmn ato keluarganya.
-Permainan psikologisnya jago bet dah!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda sudah selesai?
Coba cek posting yang lain.
Terima kasih sudah membaca blog ini.